Wednesday 4 November 2015

Berdoalah Kepada-Ku (Allah) Maka Akan Aku Kabulkan

Khutbah  Jumat

Ma’asyiral muslimin rahimakumullah

Segala puja dan puji hanyalah untuk Allah semata yang telah banyak memberi kenikmatan yang sangat banyak terutama nikmat Islam dan Iman sehingga kita dimudahkan oleh Allah untuk melangkahkan kaki kita menghadiri shalat jum’at. Dan sholawat dan sallam semoga terlimpah kepada Nabi junjungan kita yaitu Nabi Muhammad Shallallahu ‘alaihi wa sallam dan keluarganya, sahabatnya serta pengikutnya hingga hari kiamat. Marilah kita meningkatkan taqwa kita kepada Allah dengan arti yang sebenar-benarnya yaitu mejalankankan apa saja yang diperintahkan Allah kepada kita dan menjahui segala apa yang dilarang oleh Allah subhanallahu ta’ala.

Ma’asyiral muslimin rahimakumullah

Tema kuthbah kali ini adalah “Berdoalah Kepada Allah Pasti Akan Dikabulkan”. Allah menciptakan kita hidup didunia ini tidak main-main akan tetapi mempunyai tujuan yang sangat mulia yaitu supaya kita beribadah kepada Allah semata.

وقل تعلى في للقران اكريم  .اعودباالله من الشيطا ن الرجيم
$tBur àMø)n=yz £`Ågø:$# }§RM}$#ur žwÎ) Èbrßç7÷èuÏ9 ÇÎÏÈ  
 dan Aku tidak menciptakan jin dan manusia melainkan supaya mereka beribadah kepada-Ku. (QS: Azd- Dzariyaat : 56 )

Berdoa adalah salah satu bentuk ibadah sebagaimana dalam hadits At-Tirmidzi 5/426
الد عا ء هوالعبا دة
“Doa adalah ibadah” ( dikeluarkan At-Tirmidzi 5/426)

Permasalannya adalah

Kita sering mendengar saudara-saudara kita mengeluh sudah berdoa lama dan berkali-kali tetapi tidak kunjung dikabulkan doa nya. Katanya Allah maha Pengasih dan Penyanyang, katanya Allah maha Dermawan dan katanya  di Al Qur’an Allah selalu mengabulkan   doa hamba-Nya yang meminta mengapa doaku tidak dikabulkan ?. Karena kejahilanya  mereka berburuk sangka kepada Allah kemudian putus asa dalam berdoa. Dan mungkin perasaan seperti  ini pernah menimpa kita.

Maka Jawabannya adalah
وقل تعلى في للقران اكريم  .اعودباالله من الشيطا ن الرجيم
tA$s%ur ãNà6š/u þÎTqãã÷Š$# ó=ÉftGór& ö/ä3s9 4 ¨bÎ) šúïÏ%©!$# tbrçŽÉ9õ3tGó¡o ô`tã ÎAyŠ$t6Ïã tbqè=äzôuy tL©èygy_ šúï̍Åz#yŠ ÇÏÉÈ  
Dan Tuhanmu berfirman: "Berdoalah kepada-Ku, niscaya akan Kuperkenankan bagimu. Sesungguhnya orang-orang yang menyombongkan diri dari menyembah-Ku[berdoa kepada-Ku] akan masuk neraka Jahannam dalam Keadaan hina dina".
( QS : Al Mukmin : 60 )
Dari ayat diatas sudah sangat jelas janji Allah yaitu akan mengabulkan orang berdoa kepada-Nya., bahkan mengancam orang-orang yang enggan berdoa kepadaNya dengan ancaman yang keras yaitu dimasukkan ke dalam neraka jahanam dalam keadaan hina dina.
Maka dijelaskan Rosulullah do’a akan dikabulkan oleh Allah dengan tiga hal
1. Allah akan mengabulkan doanya di dunia ( cepat atau lambat)
2. Allah akan menyimpan baginya di akherat
3. Allah akan akan menghindarkan darinya musibah yang sebanding dengan doanya
Sebagaimana dalam sebuah hadits rwayat Imam Ahmad dari Abu Said Al Khudri Rasulullah shallallahu ‘alaihi wa sallam bersabda : “ Tidaklah seorang muslim memanjatkan doa kepada Allah selama tidak mengandung dosa dan memutuskan silaturahmi melainkan Allah akan beri padanya tiga hal Allah akan segera mengabulkan doanya, Allah akan menyimpanNya baginya di akherat kelak dan Allah akan menghindarkan darinya kejelekan yang semisal.” Para sahabat lantas mengatakan mengatakan, “ Kalau begitu kami akan memperbanyak berdoa”. Nabi Shallallahu ‘alahi wa sallam bersabda, “ Allah nanti yang memperbanyak mengabulkan doa-doa kalian, “ ( HR. Ahmad 3/ 18)

Dari hadits riwayat Ahmad tersebut Allah mengabulkan doa dengan tiga hal dengan syarat tidak ada yang menghalangi doa tersebut. Pengahalang doa dari hadits riwayat Ahmad tersebut adalah selama doanya tidak mengandung dosa dan memutuskan tali silaturahmi. Pengahalang terkabulnya doa yang lain adalah makanan, minuman dan pakaian   dari yang haram sebagaimana dalam hadits riwayat Muslim ini
" ... Kemudian Nabi menceritakan seorang laki-laki yang melakukan perjalanan jauh, rambutnya kusut dan berdebu lalu menengadahkan kedua tangannya ke langit seraya berkata,"Ya Rabb...ya Rabb..." sedangkan makanannya haram, minumannya haram, pakaiannya dari yang haram, dicukupi dari yang haram, maka bagaimana mungkin dikabulkan doanya?" (Riwayat Muslim)

Ada 8 penghalang-penghalang doa
1.      Tidak Ikhlas
2.      Tidak Yakin
3.      Tidak khusu'
4.      Makanan, Minuman dan Pakaiannya Haram
5.      Tergesa-gesa dalam Menunggu Terkabulnya Doa
6.      Tidak Berdoa Untuk Suatu Dosa Atau Memutuskan Silaturraahmi
7.      Tidak Melaksanakan Amar Ma'ruf Nahi Mungka
8.      Tidak Membaca Shalawat Nabi *8 Penghalang Terkabulkannya Doa

Ma’asyiral muslimin rahimakumullah

Bila doa kita tidak kunjung dikabulkan maka yang pertama kita lakukan adalah mengoreksi diri kita apakah ada penghalang-penghalang doa pada diri kita misalnya makanan yang kita makanan apakah halal atau haram ? . Bila masih bercampur dengan yang haram segera bertaubat kepada Allah dan hati-hati dalam mencari rezeki.

Yang kedua bila doa tidak kunjung terkabulkan yaitu jangan sekali-kali berburuk sangka kepada Allah. Bisa jadi Allah mengabulkan doa kita di dunia bisa cepat bisa lambat boleh jadi besok terkabul,atau seminggu lagi terkabul  atau sebulan lagi terkabul atau setahun kemudian baru terkabul bahkan puluhan tahun lagi baru terkabul. Mungkin akan dikabulkan diakherat sebagai simpanan pahala yang akan kita peroleh kelak. Atau kemungkinan doa kita sudah terkabul dalam bentuk kita di hindarkan dari musibah. Allah Maha tahu keadaan kita apapun yang diberikan Allah itulah yang terbaik untuk kita semoga kita bisa mengetahui hikmahnya.   

Contoh doa segera terkabul
Dari Anas bin Malik, ia berkata, “Pada masa Nabi shalallahu 'alaihi wasallam manusia tertimpa paceklik. Ketika Nabi sedang memberikan khutbah pada hari Jum’at, tiba-tiba ada seorang Arab badui berdiri dan berkata, “Wahai Rasulullah, harta benda telah binasa dan telah terjadi kelaparan, berdoalah kepada Allah untuk kami.” Beliau lalu mengangkat kedua telapak tangan untuk berdoa, dan saat itu kami tidak melihat sedikit pun ada awan di langit. Namun demi Dzat yang jiwaku berada di tangan-Nya, sungguh beliau tidak menurunkan kedua tangannya kecuali gumpalan awan telah datang membumbung tinggi laksana pegunungan. Dan beliau belum turun dari mimbar hingga akhirnya aku melihat hujan turun membasahi jenggot beliau shalallahu 'alaihi wasallam. Pada hari itu, esok hari dan lusa kami terus-terusan mendapatkan guyuran hujan dan hari-hari berikutnya hingga hari Jum’at berikutnya. Pada Jum’at berikut itulah orang Arab badui tersebut, atau orang yang lain berdiri seraya berkata, “Wahai Rasulullah, banyak bangunan yang roboh, harta benda tenggelam dan hanyut, maka berdoalah kepada Allah untuk kami.” Beliau lalu mengangkat kedua telapak tangannya dan berdoa,

اللَّهُمَّ حَوَالَيْنَا وَلَا عَلَيْنَا 
“‘Ya Allah, turunkanlah hujan di sekeliling kami dan jangan sampai menimbulkan kerusakan kepada kami.’ Belum lagi beliau memberikan isyarat dengan tangannya kepada gumpalan awan, melainkan awan tersebut hilang seketika. Saat itu kota Madinah menjadi seperti danau dan aliran-aliran air, Madinah juga tidak mendapatkan sinar matahari selama satu bulan. Dan tidak seorang pun yang datang dari segala pelosok kota kecuali akan menceritakan tentang terjadinya hujan yang lebat tersebut.”(HR. al-Bukhari). 
MasyaAllah belum sampai turun dari mimbar hujan sudah turun dan membasahi jenggot Rosulullah.

Contoh doa yang dikabulkan di dunia butuh waktu lama
Yaitu doa nabi Ibrahim.
“ dan (ingatlah), ketika Ibrahim berdoa: "Ya Tuhanku, Jadikanlah negeri ini, negeri yang aman sentosa, dan berikanlah rezki dari buah-buahan kepada penduduknya yang beriman diantara mereka kepada Allah dan hari kemudian. Allah berfirman: "Dan kepada orang yang kafirpun aku beri kesenangan sementara, kemudian aku paksa ia menjalani siksa neraka dan Itulah seburuk-buruk tempat kembali".(QS : Al Baqarah :126)
MasyaAllah doa Nabi Ibrahim benar-benar terkabul setelah kedatangan Nabi Muhammad Shallallahu ‘alaihi wa sallam sampai sekarang meskipun tanahnya gersang penduduknya makmur rezeki melimpah dan  buah-buahan melimpah serta aman sentosa dan penduduknya hampir 100 persen muslim.
Kesimpulan
Berdoa kepada Allah pasti dikabulkan
Pertama tidak ada penghalang=penghalang doa
Kedua dikabulkan dalam tiga hal
1. dikabulkan didunia cepat atau lambat
2. dikabulkan diakherat sebagai simpanan kelak
3. sebagai penghalang ditimpa musibah yang sebanding dengan doa yang diminta


0 komentar:

luvne.com luvne.com ayeey.com cicicookies.com mbepp.com kumpulanrumusnya.comnya.com.com